26 Agustus 2014

APA YANG MENYEBABKAN NYAMUK SUKA WARNA GELAP?

Pernahkan kalian memperhatikan jika nyamuk cenderung berkumpul dan mencari mangsa ke tempat atau warna-warna yg lebih gelap seperti Hitam? Nyamuk lebih sering menyerang orang-orang tetentu dibanding dengan lainnya. Menurut penelitian sekitar 20% orang adalah sasaran yang paling di sukai nyamuk.
Terdapat 2 faktor yang menyebabkan nyamuk menggigit manusia.
Faktor pertama adalah faktor visual. Karena nyamuk merupakan binatang yang sangat visual terutama begitu menjelang malam,mereka akan mencari orang-orang yang memakai pakaian bewarna gelap seperti hitam,biru tua dan coklat. Tetapi lebih cenderung ke warna hitam. Sebenarnya nyamuk tidak dapat melihat dengan baik,sehingga nyamuk suka terbang dan menempel di atas permukaan yang bewarna hitam. Itu semua di karenakan nyamuk mempunyai sensor panas dan warna hitam adalah penyerap panas terbaik. Nyamuk mempunyai reseptor panas yang sangat baik. Reseptor ini berfungsi sebagai sensor suhu dan kelembaban. Reseptor tersebut mampu membedakan panas yang di pancarkan oleh benda. Panas yang di pancarkan benda akan menarik nyamuk datang.
Faktor kedua adalah Suhu tubuh. Orang yang mempunyai suhu tubuh lebih tinggi seperti orang yang bebadan gemuk dan wanita hamil lebih menarik nyamuk.
Wanita hamil lebih disukai nyamuk, hal itu karena dalam tahap akhir kehamilan volume pembuangan napas 21 persen lebih tinggi. Saat membuang napas tercipta kelembaban dan ini sangat disukai nyamuk. Selain itu aroma tubuh juga merupakan faktor ketertarikan nyamuk pada manusia seperti keringat yang di hasilkan manusia setelah berolah raga. Oleh karena itu saat setelah berolah raga di anurkan untuk langsung mengelap keringat dengan handuk kering.
Ada beberapa jenis nyamuk yang menyerang area kaki karena aroma yang di hasilkan bakteri di daerah ini. Dan ada juga nyamuk yang menyerang pada bagian leher,kepala dan lengan,karena di daerah ini suhunya lebih hangat.
Baiklah semoga artikel ini bermanfaat dan kita jauh lebih berhati-hati dengan nyamuk. Rekan EXTRO biaskan selalu hidup sehat dan menjaga lingkungan :).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
SPOT ABU-ABU - Free Blogger Templates, Free Wordpress Themes - by Templates para novo blogger HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords