16 Juni 2015

Pengertian dan Kegunaan Past Life Regression

Past Life Regression adalah sebuah teknik dalam hypnosis yang digunakan untuk membimbing seseorang agar bisa mengalami kembali (baca: mengingat semua detailnya dan merasakan seperti sedang terjadi) kehidupan di masa lalu, yang mana dia terlahir sebagai pribadi yang berbeda di zaman yang berbeda. Past Life Regression bisa menjadi metode hypnotherapy dan juga bisa menjadi salah satu sarana "rekreasi mental".

Dalam hypnotherapy, Past Life Regression menjadi teknik yang sangat ampuh menyembuhkan penyakit/gangguan yang disinyalir penyebabnya berasal dari kehidupan masa lalu. Benarkah kita pernah hidup di masa lalu? Pertanyaan ini masih diperdebatkan sepanjang zaman. Namun yang sangat menarik adalah bahwa untuk mengalami Past Life Regression, Anda tidak harus mempercayai adanya kehidupan masa lampau. Semua orang bisa mengalaminya asalkan mau.


"Anda tidak harus percaya adanya reinkarnasi atau kehidupan masa lalu untuk bisa mengalami Past Life Regression."

Cerita dari sebuah buku hypnotherapy. Suatu hari, seorang klien pria berusia 23 tahun yang menderita fobia kegelapan datang kepada seorang hypnotherapist untuk menyembuhkan fobianya. Sang Hypnotherapist melaksanakan prosedur terapi seperti biasa. Namun, tanpa disangka dan tanpa disengaja, suatu peristiwa langka terjadi. Klien tiba-tiba mengalami abreaksi. Setelah ditenangkan, klien menceritakan suatu kejadian yang menyebabkan dia takut terhadap gelap. Menurut pemaparan klien, pada kehidupan sebelumnya dia meninggal di dalam kamar penjara yang gelap. Dia dikurung selama berhari-hari tanpa diberikan makan dan minum sampai mati dalam kamar gelap tersebut.

Peristiwa Past Life Regression (PLR) yang spontan itu adalah contoh nyata bahwa seseorang tidak harus percaya adanya Past Lives (kehidupan masa lalu) untuk bisa mengalami PLR. Perlu dicatat bahwa klien tersebut adalah seseorang yang tidak meyakini adanya reinkarnasi. Namun dia merasa sangat yakin, bahwa orang yang dilihatnya dalam kondisi hypnosis adalah dirinya sendiri. Bahkan klien mengaku bahwa sebenarnya dia tidak cuma melihat, tapi mengalami sendiri dan juga merasakan seperti pengalaman sendiri.

Setelah sesi hypnotherapy, klien mengajukan beberapa pertanyaan kepada hypnotherapist yang kurang lebih seperti ini.
Sebenarnya apa yang terjadi?
Apakah benar saya pernah hidup sebelum kehidupan sekarang?
Apakah yang saya alami dalam hypnosis adalah nyata? Atau hanya halusinasi?

Singkat cerita, Sang Hypnotherapist menjelaskan bahwa tidak penting apakah reinkarnasi itu ada atau tidak. Yang penting masalah klien bisa diselesaikan.

Memang, hypnotherapist tidak berwenang membenarkan atau menyangkal apakah benar manusia yang hidup sekarang ini sudah pernah dilahirkan di dunia sebelum kehidupan sekarang. Dalam menjawab pertanyaan tentang PLR, hypnotherapist biasanya menjelaskan beberapa teori yang memungkinkan terjadinya fenomena PLR.

Anda sebagai pribadi yang merdeka pun bebas memilih teori mana saja yang menurut Anda masuk akal dan cocok dengan keyakinan pribadi Anda. Kalaupun ternyata Anda tidak percaya semua teori ini pun bukan masalah, karena percaya atau menyangkal adalah hak Anda.

Reinkarnasi
Teori ini menyatakan bahwa kehidupan masa lampau benar-benar ada. Diyakini bahwa roh manusia tidak mati, dan roh dilahirkan kembali berulang-ulang untuk menjalani pelajaran kehidupan sampai dia menjadi bijaksana. Banyak orang yang percaya mengenai reinkarnasi ini, baik dari kalangan tradisional maupun intelektual. Meskipun demikian, banyak pula orang yang skeptis dan menentangnya dengan alasan dogmatis maupun alasan yang dianggap ilmiah.

Memori Orang Lain
Orang seolah-olah mengalami PLR karena dia membaca memori seseorang yang pernah hidup di masa lampau. Dia mendapatkan memori secara acak dari "gelombang pikiran" yang mengambang di alam semesta. Menurut teori ini, pikiran adalah energi yang tidak pernah musnah. Maka dari itulah, pikiran seseorang yang sudah meninggal ratusan tahun lalu bisa muncul kembali dalam benak orang masa sekarang.

Kesadaran Universal
Teori ini berdasarkan pada keyakinan bahwa semua manusia terhubung dengan satu-satunya sumber, yaitu Tuhan. Karena kita pada dasarnya saling terhubung, maka manusia bisa mengakses memori orang lain melalui satu jalur Kesadaran Universal.

Memori Genetik
Teori ini menyatakan bahwa ingatan bisa diwariskan melalui gen, seperti kita mewarisi ciri-ciri fisik dari orang tua, kakek dan nenek, serta orang-orang sebelumnya. Itu artinya Anda juga mewarisi memori dari semua orang yang berada dalam garis keturunan. 

Halusinasi
Kita tahu bahwa dalam kondisi hypnosis, kemampuan untuk imajinasi meningkat. Seorang yang kagum dengan suatu tokoh bisa saja mengidentifikasi dirinya sebagai tokoh tersebut. Dalam kondisi hypnosis, seseorang bisa mengalami halusinasi yang dirasakan seperti kenyataan bahwa di kehidupan sebelumnya dia adalah tokoh yang dikaguminya itu.

Dari semua teori di atas, manakah yang paling mendekati kebenaran?
Tidak ada satu teori pun yang benar menurut semua orang. Kebenaran di mata manusia selalu "tergantung" keyakinan manusia sendiri. Bagi orang budha, mereka memandang fenomena PLR adalah bukti ilmiah adanya reinkarnasi. Sedangkan menurut orang muslim dan kristen, mungkin lebih masuk akal jika PLR adalah halusinasi atau serupa dengan teori memori genetik seperti yang diungkapkan Carl Gustav Jung.

Apapun keyakinan kita, kita tidak perlu berdebat mengenai teori mana yang benar atau salah. Karena tujuan kita membahas PLR adalah untuk mendapatkan manfaatnya.

Past Live Regression biasanya hanya digunakan untuk terapi. Namun di tempat kami, PLR bisa menjadi sarana rekreasi mental yang sangat istimewa.

PLR dalam terapi
Menurut teori, apabila kita perlu mencari akar masalah, dan ternyata akar masalah tersebut tidak ditemukan pada kehidupan sekarang, mungkin masalah itu terjadi pada kehidupan sebelumnya. Dengan kata lain, mungkin penyebab dari masalah mungkin bisa kita temukan dengan "membongkar" memori yang berasal dari kesadaran universal, memori genetik, atau memori orang lain. Terserah mana yang Anda yakini kebenarannya. Dalam hal terapi untuk mengatasi masalah, tidaklah penting apakah teknik yang digunakan itu ilmiah dan masuk akal. Teknik PLR telah terbukti menyembuhkan banyak orang, apapun keyakinannya.

PLR untuk rekreasi mental
Banyak orang yang percaya akan adanya reinkarnasi selalu penasaran dan bertanya-tanya "Siapakah diri saya di kehidupan sebelumnya?", "Apa sebenarnya tujuan dan misi saya dalam kehidupan sekarang ini?", atau pertanyaan-pertanyaan lain yang bersifat pribadi, misalnya "Mengapa saya terlahir dengan tanda lahir yang aneh" dan pertanyaan lainnya. Di dunia Timur dan Barat, ribuan orang telah menggunakan hypnosis untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kehidupan masa lalu.

Ada buku bagus tentang Past Live Regression yang mungkin ingin anda baca untuk menambah wawasan tentang cerita kehidupan masa lalu, terlepas anda percaya adanya reinkarnasi atau tidak. Buku-buku tersebut adalah:
  • Many Lives, Many Masters - Dr. Brian Weiss.
  • Journey of The Soul - Michael Newton, Ph.D

Dua buku di atas sudah terbit terjemahan Bahasa Indonesianya. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko buku besar di kota Anda.

Beberapa orang yang tidak percaya reinkarnasi, ada juga yang ingin mencoba dihipnotis untuk mengalami PLR. Mereka penasaran seperti apa PLR yang diceritakan orang-orang. Baik mereka yang percaya dengan reinkarnasi atau mereka yang lebih percaya dengan teori PLR lainnya, punya kesempatan yang sama untuk mengalami PLR melalui hypnosis asalkan mereka benar-benar menginginkannya. Hanya itu syaratnya untuk mengalami PLR. Kalau anda ingin mencoba pengalaman PLR, maka Anda akan mengalaminya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
SPOT ABU-ABU - Free Blogger Templates, Free Wordpress Themes - by Templates para novo blogger HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords