20 April 2014

Cara Mengatur Keuangan untuk Remaja

Usia 20-an merupakan usia di mana Kamu baru memulai pekerjaan dan menghasilkan uang sendiri. Di usia ini pula ada kecenderungan untuk berperilaku boros. Berikut ini adalah beberapa tips mengatur keuangan bagi Kamu yang berada di usia 20-an:

SIMPAN TIAP RUPIAH YANG DIHASILKAN

Tidak ada yang namanya kebetulan mendapatkan uang. Sehingga jika Kamu kebetulan mendapat bonus, uang itu adalah uang hasil kerja Kamu dan bukan uang yang diberikan secara cuma-cuma. Uang ini pun harus dialokasikan secara jelas seperti diuraikan di nomor satu. Konsumsi, tabung, atau investasikan.


Penghasilan harus dilihat sebagai sesuatu yang harus berkembang. Pada masa kerja, orang harus mengonsumsi, menabung, dan berinvestasi sehingga masa-masa produktif yang sebentar ini tetap menghasilkan. Singkatnya adalah, sebar uang Kamu di beberapa tempat, jangan terlalu banyak menghabiskan tanpa berinvestasi.

JANGAN TERBUAI IKLAN

Tiap kali Kamu tergiur oleh iklan-iklan yang membombardir kehidupanmu, ingat bahwa mempunyai banyak barang bukan berarti Kamu bahagia. Barang-barang mewah mungkin bisa menaikkan harga diri Kamu. Namun, efeknya hanya sebentar. Mulailah meciptakan harga diri Kamu bukan berdasarkan barang yang Kamu punya melainkan hal-hal yang sudah Kamu raih dan hubungan-hubungan Kamu dengan orang lain.

MENGERTI RESIKO INVESTASI

Dengan banyaknya pilihan investasi yang ada, maka investasi semakin mudah dilakukan. Edukasi diri Kamu untuk memilih investasi yang tepat. Pelajari resiko dan kemungkinan yang akan terjadi. Jika Kamu menghindari kerugian besar-besaran, maka ada baiknya bertahan di penyimpanan reksa dana atau tabungan meskipun dengan bunga yang sedikit.

BAYAR TAGIHAN TEPAT WAKTU

Khusus bagimu yang sudah punya kartu kredit, bayar tagihanmu setiap bulan. Dengan cara ini Kamu menghindari pembengkakan bunga utang Kamu. Kamu tentu tidak mau, uang yang dihasilkan hanya habis untuk membayar bunga tagihan yang menumpuk.

Nah, sekian tips untukmu yang baru saja memulai karir. Biasakan pengelolaan keuangan mulai dari sekarang, supaya kamu tidak mengalami kesulitan finansial kedepannya ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
SPOT ABU-ABU - Free Blogger Templates, Free Wordpress Themes - by Templates para novo blogger HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords